8 Tanaman Yang Bisa Dibuat Alkohol



8 Tanaman Yang Bisa Dibuat Alkohol - Selama ini orang hanya mengenal alkohol yang terbuat dari anggur, malt, atau gandum.Padahal sebenarnya ada banyak tanaman yang bisa digunakan untuk membuat minuman beralkohol.

Berikut ini adalah 8 Tanaman Yang Bisa Dibuat Alkohol ;

1. Monkey Puzzle Tree (Araucaria araucana)



Araucaria araucana atau disebut juga Monkey Puzzle Tree adalah tanaman asli Chile dan Argentina. Pohon ini diperkirakan telah hidup sejak 180 juta tahun yang lalu. Pohon ini menghasilkan buah seperti almond yang biasa direbus dan difermentasi oleh penduduk asli untuk membuat minuman yang mengandung alkohol. Pemerintah Chile menjadikan pohon ini monumen nasional.

2. Wortel putih



Wortel putih atau disebut juga Parsnip biasa digunakan untuk membuat wine oleh masyarakat Inggris. Wortel putih ini biasanya direbus dan dicampur dengan gula dan air, kemudian difermentasi dengan jamur liar. Minuman beralkohol yang terbuat dari parsnip biasanya dibuat sendiri di rumah dan tidak diperjual belikan.

3. Jambu monyet



Karena pohon jambu monyet berkeluarga dengan poison ivy dan poison oak, maka semua bagian pohon ini bisa menyebabkan gatal-gatal, kecuali buahnya. Buah ini berasal dari Brazil namun banyak juga tumbuh di India dan Asia Tenggara. Di India, jambu monyet dihancurkan, difermentasi, kemudian dijadikan minuman beralkohol yang disebut feni.

4. Pisang



Petani di Uganda menanam dua macam pisang, yaitu pisang untuk dimasak dan pisang yang akan digunakan untuk membuat bir. Minuman bir yang terbuat dari pisang merupakan minuman hasil buatan rumah yang dibuat dengan menghancurkan pisang mentah lengkap dengan kulitnya, kemudian menyadap airnya. Setelah didapatkan, jus pisang tersebut difermentasikan hingga dua hari sebelum siap untuk dijadikan minuman

5. Sorgum



Sorgum adalah kerabat dekat gandum dan malt yang biasa dikonsumsi oleh orang di Afrika. Meski bisa digunakan untuk membuat roti dan makanan, sorgum juga bisa direbus dan difermentasi untuk dijadikan minuman beralkohol. Minuman beralkohol di China yang bernama mao-tai juga dibuat dari Sorgum.

6. Spruce Tree



Spruce Tree adalah salah satu pohon dari genus Picea yang sekerabat dengan pohon cemara dan pinus. Merebus daun spruce dalam air dan teh, kemudian mencampurnya dengan gandum untuk difermentasi bisa membuat tanaman ini menjadi minuman beralkohol. Minuman spruce baik untuk kesehatan ketika tak ada makanan yang bisa dikonsumsi.

7. Lidah buaya



Lidah buaya terasa pahit jika dimasukkan dalam minuman. Rasa pahit tersebut merupakan hasil zat di dalamnya yang bernama aloin. Zat aloin ini membuat lidah buaya tak nikmat dikonsumsi, namun justru baik digunakan untuk membuat minuman beralkohol. Pembuat minuman dan bir biasa menggunakan zat dalam lidah buaya ini sebagai penambah rasa dalam minuman mereka.

8. Sundew



Sundew adalah salah satu tanaman pemakan serangga.Di dalam perangkapnya, sundew memiliki nektar yang manis dan lengket. Inilah yang digunakan untuk membuat minuman.Biasanya minuman dibuat menggunakan nektar serta serangga yang terjebak di dalamnya.

Bahan ini kemudian direbus bersama dengan rempah-rempah dan tanaman herbal untuk dijadikan minuman beralkohol.

Nah, itulah 8 Tanaman Yang Bisa Dibuat Alkohol dan sekarang Anda sudah mengetahui bahwa minuman beralkohol tak semata-mata dibuat dari malt, gandum, atau anggur. Ada banyak tanaman yang digunakan untuk membuat minuman beralkohol di seluruh dunia.

Follow On Twitter