Foto: Asteroid 2012 Da14 Melintas Langit Bumi




Sesuai perkiraan, sebuah batu ruang angkasa baru saja melintasi langit Bumi pada malam dini hari, tepatnya sekitar pukul 2:30 WIB. Asteroid sebesar setengah lapangan bola itu melesat cepat dan membentuk

lintasan kurva saat mencapai titik terdekat dengan Bumi.



Kabar baiknya, lagi-lagi sesuai perkiraan Badan Antariksa AS (NASA), seperti dilansir

Space.com, asteroid bernama 2012 DA14 tidak menghantam Bumi. Jika sampai menembus atmosfer, asteroid itu diperkirakan bisa melenyapkan kota London. Daya rusaknya 1.000 kali lebih parah daripada bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima.



Sejumlah teleskop berhasil menangkap pergerakan asteroid 2012 DA14 di langit malam, meski kecepatan batu ruang angkasa itu sangat cepat. Para ilmuwan di NASA mengestimasi, saat di atas Bumi, kecepatannya mencapai 28.100 kilometer per jam.



Instrumen astronomi lain berhasil menangkap citra asteroid, yang nampak seperti titik terang. Dalam foto itu, obyek bintang di sekitarnya terlihat seperti gambar latar bergaris.




Keterangan: Asteroid 2012 DA14 muncul sebagai titik putih di tengah-tengah gambar.

Asteroid 2012 DA14 ditemukan pertama kali pada bulan Februari 2012 oleh sejumlah astronom dengan instrumen La Sagra Sky Survey di Spanyol. Sejak awal, asteroid itu sudah diduga tidak akan menabrak Bumi, dan tidak menimbulkan bahaya apapun di masa mendatang. (ren)


Follow On Twitter